Tabel perbandingan pendidikan di
Indonesia da Malaysia
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Malaysia
|
||
1
|
Kurikulum
|
KTSP
|
Kurikulum nasional Malaysia
|
2
|
Sistem Pendidikan
Segi kelembagaan dan masa belajar
|
PAUD : 1 thn
SD : 6 thn
SMP : 3 thn
SMA : 3 thn
Perguruan Tinggi : 4 thn
|
Pra Sekolah : 2 thn
Pendidikan Rendah :
6 thn
Pendidikan
Menengah : 3 thn
Perguruan Tinggi : 4 tahun
|
3
|
Sistem penilaian belajar
|
Danem
|
British
|
4
|
Identitas sekolah
|
Menggunanakan Angka( nomor induk siswa ) sebagai
nomor pengenal dikartu pelajar
|
Menggunanakan Nama Murid sebagai nomor pengenal
dikartu pelajar
|
5
|
Tujuan pendidikan
|
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap
Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap serta
rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
|
Untuk mewujudkan suatu sistem pelajaran yang
memenuhi keperluan negara dan menggalakkan perkembangan kebudayaan, sosial,
ekonomi dan politik.
|
6
|
Tahun Akademik
|
Juli sampai dengan Juni
|
Juli sampai dengan juni
|
7
|
Angaran
pendidikan
|
Hanya mendapat 20 % dari anggaran
pemrintah.
|
Memperoleh 25 % dari anggaran
pemrintah
|
8
|
Sistem
Pendidikan
|
Desentralisasi
|
Desentralisasi
|
Tabel perbandingan pendidikan Indonesia dengan Thailand
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Thailand
|
||
1
|
Kurikulum
|
KTSP
|
Belajar konsep melalui aplikasi dan penyelidikan
dari pada menghapal
|
2
|
Sistem Pendidikan
Segi kelembagaan dan masa belajar
|
PAUD : 1 thn
SD : 6 thn
SMP : 3 thn
SMA : 3 thn
Perguruan Tinggi : 4 thn
|
Pendidikan
play group dan TK usia : 3 thn
Pendidikan
Sekolah dasar : 6 thn
Pendidikan
Sekolah Menengah : 3 thn
Pendidikan
Sekolah Menengah atas : 3 thn
|
3
|
Biaya pendidikan
|
Sekolah
negeri dibiayai oleh pemerintah
Sekolah suwasta hanya di subsidi
|
Sekolah
negeri dibiayai oleh pemerintah
Sekolah suwasta hanya di subsidi
|
4
|
Identitas sekolah
|
Menggunanakan Angka( nomor induk siswa ) sebagai
nomor pengenal dikartu pelajar
|
Menggunanakan Nama Murid sebagai nomor pengenal
dikartu pelajar
|
5
|
Tujuan pendidikan
|
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap
Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap serta
rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
|
Untuk mewujudkan suatu sistem pelajaran yang
memenuhi keperluan negara dan menggalakkan perkembangan kebudayaan, sosial,
ekonomi dan politik
|
6
|
Tahun Akademik
|
Juli sampai dengan Juni
|
Juli sampai dengan juni
|
7
|
Angaran
pendidikan
|
Hanya mendapat 20 % dari anggaran
pemrintah.
|
20% dari APBN 4 setengah dari produk domestik bruto
|
8
|
Sistem
Pendidikan
|
Desentralisasi
|
Sentralisasi
|
9
|
Evaluasi
|
UAS, Ujian kenaikan kelas, dan UN
|
UN untuk
grade 3,6,9, dan 12
|
Tabel perbandingan pendidikan
Indonesia dengan Inggris
No
|
Aspek
yang dibandingkan
|
Perbandingan Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Inggris
|
||
1
|
Kurikulum
|
KTSP
|
Penekanan
pada belajar secara praktikal dan menganut pola press schematic maksudnya
tidak terlalu banyak yang dipelajari
tetapi terfokus dan lebih terspesialisasi, sehingga kepakaran ilmunya
mendalam
|
2
|
Sistem Pendidikan
Segi kelembagaan
dan masa belajar
|
PAUD : 1 thn
SD : 6 thn
SMP : 3 thn
SMA : 3 thn
Perguruan
Tinggi : 4 thn
|
Sekolah Dasar
(5-11 Tahun)
Sekolah
Menengah Atas (11-16 Tahun)
A-Levels di
Sekolah Menengah Atas (usia 16-18 tahun)
|
3
|
Anggaran
pendidikan
|
Hanya
mendapat 20 % dari anggaran pemrintah.
|
40-an
billion pounds
|
4
|
Pendidikan
Tinggi :
-
S1
-
Gelar S2
Gelar
S3
|
-
Durasi progam S1 umumnya adalah 4 tahun
-
Salah satu syarat penerimaan mahasiswa adalah
melalui testing
-
Jenis gelar S1 misalnya S.Pd.I, S.H.I dll
-
Mahasiswa yang berasal dari negara lain umumnya
tidak ada mengikuti program sertifikat Foundation selama 1 tahun sebelum
memulai progam S1
-
Mahasiswa harus sudah mempunyai gelar S1
-
Durasi program umumnya adalah 2 tahun
-
Kualifikasi S2 yang merupakan program taught
course termasuk: MA, MSc dll
-
Mahasiswa telah mempunyai gelar S1 atau S2
-
Durasi progam adalah 3 tahun
-
Biasanya mahasiswa melakukan proyek riset atau
membuat skripsi
-
Jenis gelar Doctor
|
-
Durasi progam S1 umumnya adalah 3 tahun
-
Salah satu syarat penerimaan mahasiswa adalah
nilai A-Level siswa
-
Jenis gelar S1 misalnya BA, BSc dll
-
Mahasiswa yang berasal dari negara lain umumnya
harus mengikuti program sertifikat Foundation selama 1 tahun sebelum memulai
progam S1
-
Mahasiswa harus sudah mempunyai gelar S1
-
Durasi program umumnya adalah 1 tahun
-
Kualifikasi S2 yang merupakan program taught
course termasuk: MBA, MRes, MPhil dll
-
Mahasiswa telah mempunyai gelar S1 atau S2
-
Durasi progam adalah 3 tahun
-
Biasanya mahasiswa melakukan proyek riset atau
membuat skripsi
-
Doctor of Philosophy
|
5
|
Angaran
pendidikan
|
Hanya
mendapat 20 % dari anggaran pemrintah.
|
40-an
billion pounds
|
Tabel perbandingan pendidikan
Indonesia dengan India
No
|
Aspek
yang dibandingkan
|
Perbandingan Pendidikan
|
|
Indonesia
|
India
|
||
1
|
Usia
|
SD 6-12 tahun
SMP 12-15 tahun
SMA
15-18 tahun
|
SD 6-11 tahun
SMP 11-14 tahun
SMA
14-17 tahun
|
2
|
Masa
Belajar (Wajib Belajar)
|
9 tahun
|
9 tahun
|
3
|
Tahun
Akademik
|
Juli
sampai dengan Juni
|
|
4
|
Pembiayaan
pendidikan
|
Sekolah Negeri dibiayai oleh
pemerintah
Sekolah
Swasta hanya mendapat subsidi
|
Sekolah Negeri dibiayai oleh
pemerintah
Sekolah
Swasta dibiayai oleh yayasan
|
5
|
Waktu
belajar
|
Pada
Umumnya Hari senin – Sabtu
Pada
umumnya jam belajar per hari sebanyak 6 jam.
|
|
6
|
Kurikullum
Mata Pelajaran
|
·
Pendidikan Agama
·
Pendidikan
Kewarganegaraan
·
Bahasa Indonesia
·
Matematika
·
Ilmu Pengetahuan Alam
·
Ilmu Pengetahuan
Sosial
·
Seni Budaya dan Keterampilan
·
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Muatan Lokal
|
·
Menulis
dan membaca
·
Aritmatika
·
Teologi
·
Hukum
·
Astronomi
·
Meta
Fisika dan Etika
·
Ilmu
Kedokteran
·
Agama
|
7
|
Evaluasi
|
Ujian
Nasional
Ujian naik kelas berdasarkan nilai harian, sikap, ujian semester
Soal UN pilihan ganda
|
Ujian dilaksanakan diakhir pembelajaran
tanpa memperhatikan nilai harian, tugas dan kehadiran.
Ujian berupa esay.
|
8
|
Tujuan Pendidikan
|
Tertuang dalam bentuk TIU yang terdapat dalam silabus
dari BSNP dan untuk TIK dapat dikembangkan oleh Guru.
|
Mengenal semua
benda dan dunia disekelilingnya. Orang India tidak
menguasai
dunia , melainkan untuk
berteman
dengan dunia.
|
9
|
Program Pemerintah
|
Bebas buta aksara
|
Bebas buta
aksara khususnya pada perempuan
|
10
|
Ekstrakurikuler
|
Pramuka
|
Seni budaya dan tari-tarian.
|
11
|
Anggaran Pendidikan
|
20 % dari anggaran pemerintah.
|
12,7 % dari anggaran
pemerintah.
|
Tabel perbandingan pendidikan
Indonesia dengan Amerika Serikat
No
|
Aspek
yang dibandingkan
|
Perbandingan Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Amerika
Serikat
|
||
1
|
Jenjang
Pendidikan
|
PAUD
SD 6-12 tahun
SMP 12-15 tahun
SMA 15-18 tahun
Perguruan
tinggi
|
Dalam sistem pendidikan di Amerika Serikat terdapat
beberapa pola pendidikan yaitu :
|
2
|
Masa
Belajar (Wajib Belajar)
|
9 tahun
|
12 tahun
|
3
|
Tahun
Akademik
|
Juli
sampai dengan Juni
|
|
4
|
Evaluasi
|
Ujian
Nasional
Ujian naik kelas berdasarkan nilai harian, sikap, ujian semester
Soal
UN pilihan ganda
|
Anak tidak dituntut untuk ujian resmi akan tetapi
kehadiran murid atau siswa serta rapornya yang baik memang menjadi
persyaratan untuk memasuki tingkat selanjutnya.
|
5
|
Konsekuensi
kenaikan kelas/ UN
|
Jika siswa tidak lulus ujian nasional tahap 1, siswa
harus mengikuti UN tahap 2. Jika siswa tidak lulus pada tahap 2, mereka harus
mengikuti program kejar paket A.
|
Anak-anak
boleh tinggal kelas dan mengulang lagi apabila performansinya memang tidak
memuaskan.
|
6
|
Tujuan
Pendidikan
|
Tertuang dalam bentuk TIU yang terdapat dalam
silabus dari BSNP dan untuk TIK dapat dikembangkan oleh Guru.
|
Tujuan
sistem pendidikan di Amerika antara lain :
|
7
|
Anggaran Pendidikan
|
20 % dari anggaran pemerintah
|
25% dari anggaran pemerintah
|
Tabel perbandingan pendidikan
Indonesia dengan Prancis
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Prancis
|
||
1
|
Jenjang Pendidikan
|
PAUD
SD 6-12 tahun
SMP 12-15
tahun
SMA 15-18
tahun
Perguruan tinggi
|
Pendidikan
dasar 5-6 thn,
SMP
11-12 thn,
SMA
12-15 thn
|
2
|
Masa Belajar (Wajib Belajar)
|
9 tahun
|
16 tahun
|
3
|
Tahun Akademik
|
Juli sampai dengan Juni
|
September / oktober, berakhir mei /
juli
|
4
|
Evaluasi
|
Ujian
Nasional
Ujian naik kelas berdasarkan nilai harian, sikap, ujian semester
Soal UN pilihan ganda
|
Sistem
ujian sepenuhnya berada di tangan guru
|
5
|
Konsekuensi kenaikan kelas/ UN
|
Jika siswa tidak lulus ujian nasional tahap 1, siswa harus mengikuti
UN tahap 2. Jika siswa tidak lulus pada tahap 2, mereka harus mengikuti
program kejar paket A.
|
Pada
pendidikan dasar, kenaikan kelas ditentukan hanya oleh para guru pada akhir
tahun ajaran.
|
6
|
Tujuan Pendidikan
|
Tertuang dalam bentuk TIU yang terdapat dalam
silabus dari BSNP dan untuk TIK dapat dikembangkan oleh Guru.
|
Ø meningkatkan kesempatan yang
sama dalam hidup bagi setiap orang;
Ø memenuhi kebutuhan sistem yang produktif bagi orang-orang yang
“qualified”; memberikan prioritas pada pengembangan kepribadian setiap anak.
|
7
|
Anggaran
Pendidikan
|
20 % dari anggaran pemerintah
|
FF141 miliar (US$75,8 miliar) sama
dengan 6,4% dari GNP Perancis saat itu.
|
8
|
Sistem
Pendidikan
|
Desentralisasi
|
Sentralisasi
|
Tabel perbandingan pendidikan Indonesia dengan Korea Selatan
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Korea Selatan
|
||
1
|
Jenjang Pendidikan
|
PAUD
SD 6-12 tahun
SMP 12-15
tahun
SMA 15-18
tahun
Perguruan tinggi
|
SD (grade
1-6) 6-11 tahun,
SMP(grade 7-9)
11-14 tahun,
SMA(grade
10-12) 14-17 tahun ,
Grade 13-16
(pendidikan tinggi/program S1), serta program pasca sarjana (S2/S3).
|
2
|
Kurikulum
|
KTSP
(Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
|
Pembelajaran teknik dalam kelas
dan pemanfaatan teknologi (hampir sama dengan KTSP
|
3
|
Anggaran Pendidikan
|
20 % dari anggaran pemerintah
|
18,9 % dari anggaran pemerintah.
|
4
|
Tujuan Pendidikan
|
Tertuang
dalam bentuk TIU yang terdapat dalam silabus dari BSNP dan untuk TIK dapat dikembangkan
oleh Guru.
|
Menanamkan
pada setiap orang rasa Identitas Nasional dan penghargaan terhadap-
kedaulatan Nasional, menyempurnakan
kepribadian setiap warga Negara, mengemban cita-cita persaudaraan yang
universal, mengembangkan kemampuan untuk hidup mandiri dan berbuat untuk
Negara yang demokratis dan kemakmuran seluruh umat manusia, dan menanamkan
sifat patriotisme
|
5
|
Program Pemerintah
|
Bebas buta aksara
|
Menyempurnakan
kepribadian setiap warga
|
6
|
Biaya Pendidikan
|
Sekolah negeri dibiayai pemerintah,
Sekolah suwasta diberi subsidi
|
Sekolah negeri dibiayai pemerintah, Sekolah suwasta diberi
subsidi |
7
|
Sistem
Pendidikan
|
Desentralisaasi
|
Bersifat gabungan antara sentralisasi
dan desentralisasi
|
Tabel perbandingan pendidikan Indonesia dengan Australia
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Australia
|
||
1
|
Jenjang Pendidikan
|
PAUD
SD 6-12 tahun
SMP 12-15
tahun
SMA 15-18
tahun
Perguruan tinggi
|
|
2
|
Tahun Akademik
|
Juli sampai dengan Juni
|
Dimulai pada akhir bulan Januari dan
berakhir pada pertengahan bulan Desember.
|
3
|
Biaya Pendidikan
|
Sekolah Negeri
dibiayai oleh pemerintah
Sekolah Swasta hanya mendapat subsidi
|
Semua public
school bebas biaya sekolah.
Sekolah-sekolah yang berafiliasi pada
agama, khususnya sekolah-sekolah Katolik, cenderung menetapkan biaya sekolah
yang rendah
|
4
|
Kurikulum
|
KTSP (Kurikuulum Tingkat Satuan
Pendidikan)
|
Di buat olen Negara bagian masing
masing
|
5
|
Evaluasi
|
Bebas buta aksara Ujian
Nasional
Ujian naik kelas berdasarkan nilai harian,
sikap, ujian semester
Soal UN
pilihan ganda
|
Ujian
nasional di Australia, yaitu National Assessment Program: Literacy and Numeracy
(NAPLAN),
Self-evaluation setiap tahun
|
6
|
Tujuan Pendidikan
|
Mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia
yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan
|
Untuk mendidik anak-anak sehingga mereka dapat menjadi warga
negara yang baik dan produktif negara di masa depan |
7
|
Sistem
Pendidikan
|
Desentralisaasi
|
Bersifat gabungan antara sentralisasi
dan desentralisasi
|
Tabel perbandingan pendidikan Indonesia dengan Jerman
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Jerman
|
||
1
|
Kurikulum
|
KTSP
|
Hasil pekerjaan tim-tim kurikulum
terdiri dari konsultan, supervaisor, para ahli, para profesor pendidikan dan
guru-guru yang berpengalaman
|
2
|
Sistem Pendidikan
|
Tk 2 thn,
SD 6 thn, SMP 3 thn,
SMA 3 thn,
Perguruan Tinggi 4 thn
|
pendidikan
dasar, menengah dan pendidikan tinggi
Wajib sekolah di Jerman berlaku sembilan tahun atau
sepuluh tahun. Dengan normal anak masuk sekolah pada usia enam tahun
|
3
|
Kebijakan Pemerintah
|
Wajib belajar 9 tahun, dengan dibebaskan biaya
pendidikan
|
Wajib belajar 9 atau 10 tahun, serta beberapa
sekolah yang dikelolla oleh pemerintah bebas biaya pendidikan
|
4
|
Anggaran Pendidikan
|
20% dari anggaran pemerinyah
|
Dengan pengecualian pendidikan tinggi, keuangan
pendidikan sepenuhnya berada di tangan
lander dan masyarakat setempat. Secara umum, seluruh biaya personil
ditanggung oleh pemerintah negara bagian dan infrastruktur oleh masyarakat.
|
5
|
Tujuan Pendidikan
|
Mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia
yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan
|
Untuk
membentuk individu yang maju secara fisik, moral dan intelektual
Untuk membentuk manusia yang kreatif secara sosial
yang memiliki minat terhadap sajak bagaimana terhadap matematika dan ekonomi
|
6
|
Evaluasi
|
Ujian Nasional
Ujian naik kelas berdasarkan nilai
harian, sikap, ujian semester
Soal UN
pilihan ganda
|
Tidak
ada evaluasi nasional yang dilakukan secara teratur mengenai hasil
pendidikan. Komponen jerman dalam asosiasi internasional untuk penelitian
penilaian pencapaian pendidikan dalam bidang membaca merupakan survey pertama
dalam dua decade terakhir yang didasarkan pada sampai probabilitas secara
nasional.
|
Tabel perbandingan pendidikan
Indonesia dengan Jepang
No
|
Aspek
yang dibandingkan
|
Perbandingan Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Jepang
|
||
1
|
Tujuan
Pendidikan
|
Tertuang
dalam bentuk TIU yang terdapat dalam silabus dari BSNP dan untuk TIK dapat
dikembangkan oleh Guru.
|
Mengutamakan perkembangan kepribadian
secara utuh, mengahargai nilai-nilai individual dan menanamkan jiwa yang
bebas
|
2
|
Kurikulum
|
KTSP (kurikulum tingkat satuan
pendidikan)
|
Kurikulum
jepang tidak membebani anak, karena anak tidak diberikan materi pelajaran
secara kognitif tetapi lebih pada pengenalan dan latihan keterampilan hidup,
yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.
|
3
|
Sistem Administrasi
|
Baru
dalam proses peralihan dari sentralisasi ke desantralisasi dan juga baru
diberlakukan MBS / MBM
|
Sudah
lama menerapkan kombinasi antara sentralisasi dan desentralisasi, Manajemen
Berbasis Sekolah, dan partisipasi masyarakat
|
4
|
Anggaran
Pendidikan
|
20% dari
anggaran pemerinyah
|
5,270,5
bilion yen
|
5
|
Pendidikan Agama
|
Pendidikan
agama adalah mata pelajaran yang wajib untuk setiap jenjang pendidikan
|
Tidak memasukan mata pelajaran agama disemua jenjang
persekolahan ( memisahkan pendidikan agama dengan persekolahan)
|
Tabel
perbandingan pendidikan Indonesia dengan Brunei Darussalam
No
|
Aspek
yang dibandingkan
|
Perbandingan Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Brunei
Darussalam
|
||
1
|
Kurikulum
Mata Pelajaran
|
Pendidikan
agama, PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA dan IPS, Seni Budaya dan kesenian,
Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Muatan lokal
|
Bahasa melayu, B. Inggris, matematika, Ilmu sosial,
Pendidikan kewarganegaraan, Sains, Pendidikan jamsmani, Seni Kreatif dan
Teknologi.
|
2
|
Sistem
Pendidikan
Segi
kelembagaan dan masar belajar.
|
Tk 2 thn,
SD 6 thn,
SMP 3 thn,
SMA 3 thn,
Perguruan
Tinggi 4 thn
|
Sekolah
Dasar 5-11 thn
SMP 11-14
thn
SMA 14-16
thn
|
3
|
Masa
Wajib Belajar
|
Wajib
belajar 9 tahun
|
Wajib
belajar 9 tahun
|
4
|
Pembiyayaan
Pendidikan
|
Sekolah
negeri dibiayai oleh pemerintah
Sekolah suasta
hanya mendapatkan subsidi
|
Sekolah
negeri dibiayai oleh pemerintah
Sekolah
suasta hanya mendapatkan subsidi
|
5
|
Tujuan
Pendidikan
|
Mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia
yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan
|
Untuk
mewujudkan manusia yang -
memiliki
kekuatan spritual
keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia, serta keterampilan
yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Dan dari
pada itu terbentuknya manusia yang berakhlaq dan beragama serta menguasai
teknologi yang tinggi.
|
6
|
Evaluasi
|
Ujian Nasional
Ujian naik kelas berdasarkan nilai
harian, sikap, ujian semester
Soal UN
pilihan ganda
|
Ujian akhir
tahun, Di tahun 2 siswa akan mwnjalani ujian penentuan tingkat yang di kenal
BCGCE ( Brunei Cambridge General Certificater of Education). Yang terdiri
dari 2 tingkat yaitu tingkat AO da AN. Dan Ujian berupa pilihan berganda.
|
7
|
Konsekwensi
UN
|
Jika
siswa tidak lulus ujian nasional tahap 1, siswa harus mengikuti UN tahap 2.
Jika siswa tidak lulus pada tahap 2, mereka harus mengikuti program kejar
paket A.
|
Jika tidak
lulus atau yang gagal harus tinggal kelas dan sesudah itu baru mendapatkan kenaikan
kelas otomatis. Dan Jika tidak lulus mereka memasuki alam pekerjaan atau
mengikuti program pendidikan dan latihan.
|
8
|
Program
Pemerintah
|
Bebas
buta aksara
|
Bebas Buta
Aksara dan menguasai Dwi bahasa yaitu B. Melayu, dan B. Inggris.
|
9
|
Kurikulum
|
KTSP
|
SPN 21
|
10
|
Anggaran
Pendidikan
|
20 % dari anggaran pemrintah
|
25 % dari anggaran
pemrintah
|
Tabel perbandingan pendidikan Indonesia dengan Singapura
No
|
Aspek yang dibandingkan
|
Perbandingan
Pendidikan
|
|
Indonesia
|
Singapura
|
||
1
|
Kurikulum Mata Pelajaran
|
Pendidikan agama, PKN, B. Indonesia, Matematika,
IPA, IPS, Penjaskes, Muatan Lokal
|
B. inggris, matematika, Sains,
Bahasa Ibu, Geografi, Fisika, Biologi, Sejarah, B. Perancis, B. Jepang.
|
2
|
Sistem
Pendidikan
Segi kelembagaan dan masar belajar.
|
Tk 2 thn,
SD 6 thn, SMP 3 thn,
SMA 3 thn,
Perguruan Tinggi 4 thn
|
SD,
Sekolah Lanjutan,
Junior College centeroes Institut
|
3
|
Pembiyayaan Pendidikan
|
Sekolah
negeri dibiayai oleh pemerintah
Sekolah suasta hanya mendapatkan subsidi
|
Semua
sekolah tingkat dasar di biayai
oleh pemerintah
Sekolah lanjutan Junior College di subsidi
pemerinyah.
|
4
|
Usia normal memasuki sekolah
|
6 – 12 tahun
|
7-13 tahun
|
5
|
Nasional kurikulum / tujuan pendidikan
|
Mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia
yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan.
|
Bertujuan untuk mendidik anak
masing-masing potensi perlu untuk menemukan-
talenta dan untuk mengenimbangkan dalam
dirinya semangat untuuk belajar
|
6
|
Bahasa Nasional
|
Bahasa
Indonesia
|
English language |
7
|
Evaluasi
|
Ujian naik kelas berdasarkan nilai harian, sikap,
dan Ujian semester, Ujian Nasional.
|
SD
= Prinigry School leaving exaniination
Sekolah
lanjutan = general Certificare of
education Cordinary
|
sebenarnya yang positif perlu kita tiru utk di pakai Indonesia
BalasHapus