hujan salju

Sabtu, 30 Maret 2013

Faktor Penyebab INSOMNIA ( Susah Tidur ) dan Solusinya

permisi gan...................
karena malam ini ane ga bisa bobok
jd ane tertarik untuk ngebahas Faktor Penyebab INSOMNIA ( Susah Tidur ) dan Solusinya
cekidot :)

Apa saja yang menjadi penyebab insomnia ?

Ada banyak hal yang dapat yang menjadi pemicu penyebab insomnia dan efeknya pun juga beragam  tergantung  kebiasaan orang yang mengalami gangguan susah tidur namun tidak semua yang mengalami gangguan tidur dapat dikategorikan sebagai insomnia, dalam hal ini adalah sesorang yang sering mengalami kesulitan untuk memulai tidur ataupun mempertahankan tidur pada waktu jam tidur normal dan berlangsung dalam kurun waktu yang relatif lama ( beberapa malam berturut-turut dalam seminggu, berbulan-bulan bahkan hingga tahunan)

Faktor penyebab insomnia

Insomnia umumnya bersifat temporer, dan dapat dibagi dalam beberapa klasifikasi tergantung berapa lama kondisi gangguan tidur dialami oleh seseorang. Secara garis besar insomnia dibagi atas :
penyebab insomnia
faktor dan kondisi medis penyebab insomnia
  • Insomnia akut (acute insomnia) : Insomnia akut berlangsung dalam waktu yang singkat, yaitu antara 1 malam sampai beberapa minggu.
  • Insomnia kronis (chronic insomnia). : sesorang dikatakan  mengalami insomnia kronik bila penderitanya mengalami gangguan tidur sedikitnya 3 malam dalam seminggu dan berlangsung selama 1 bulan atau lebih. Transient insomnia dan short-term insomnia termasuk dalam kategori acute insomnia.
Penyebab insomnia biasanya dapat dibagi menjadi 3 kondisi yaitu kondisi medis, kondisi psikiatri dan kondisi lingkungan

Penyebab Insomnia berdasar kondisi medis

Kondisi medis yang dapat menyebabkan gangguan tidur adalah :
  • Gangguan pada gagal jantung dan iskemia pada pembuluh koroner
  • Stroke, kondisi degenerative, demensia, gangguan tidur karena gangguan CNS
  • Hipotiroid, menopause, siklus menstruasi, kehamilan dan hipogonadism
  • Gangguan paru obstruktif, asma pickwikian sindrom (Obstructive sleep apnea syndrom)
  • Penyakit muntahan cairan lambung
  • Gangguan pada darah
  • Penggunaan obat seperti dekongestan, koritokosteroid dan bronkondilator
  • Kondisi lainnya seperti demam, nyeri dan infeksi

Beberapa Kondisi Psikologis sebagai penyebab Insomnia

Penyebab insomnia juga dapat dipicu oleh gangguan psikologis seperti :
  • Depresi dapat menyebabkan gangguan dalam REM (Rapid Eye Movement)
  • Sindrom post trauma
  • Obat-obatan psikotropika
  • Stress karane bebean pikiran terlalu banyak
  • Tegang, cemas atau kekhawatiran terhadap suatu masalah yg terlalu terdramatisir dalam pikiran
Penyebab insomnia karena faktor lingkungan
Lingkungan juga sangat berperan untuk mendapatkan kualitas tidur, lingkungan yang tenang dan sejuk dapt menghindarkan gangguan tidur, beberapa kondisi lingkungan yang merupakan penyebab insomnia adalah :
  • Kejadian yang mengancam nyawa atau kejadian yang memiliki stress tinggi
  • Gangguan siklus tidur akibat waktu kerja yang tidak tetap (malam dan pagi)
  • lingkungan yang bising, dingin ataupun terlalu panas
Beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang berkwalitas di malam hari :
  • Aturlah jadwal tidur dan bangun tidur
  • Tidak pergi ke tempat tidur hingga anda merasa lelah dan harus beristirahat.
  • Dalam proses penyembuhan, hindarilah tidur di siang hari agar dimalam hari anda meraskan rasa ngantu yg berat.
  • Hindari kafein, alkohol dan nikotin (rokok) pada malam hari.
  • Jangan menonton TV, makan ataupun membaca di tempat tidur.
  • Hindari aktifitas yang berat 3 jam sebelum waktu tidur.
  • Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur.
  • Hindari hal-hala yang dapat menjadi penyebab insomnia

    Dan Inilah Makanan dan Minuman Penyebab Insomnia

    Sulit tidur atau Insomnia bukan hanya berdampak pada memburuknya kesehatan, rasa jengkel juga dapat menggangu psikis anda kala harus tetap menjalakan aktifitas. Untuk itu, tak ada salahnya anda mulai menyeleksi asupan makanan.


    Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang menjadi memicu utama bangkitnya insomnia sehingga Anda terjaga sepanjang malam, seperti dikutip dari boldsky, Selasa (5/2/2013):


    1. Kafein
    Sudah sejak lama diketahui mengonsumsi kafein bisa memicu insomnia. Disadari atau tidak, kafein ini telah menjadi bagian hidup kita karena terkandung dalam teh, kopi, cokelat, dan minuman berenergi. Jadi, ketika mendekati waktu tidur, sebaiknya Anda jauh-jauh dari kafein.


    2. Alkohol
    Alkohol bertanggung jawab pada masalah dehidrasi yang menyebabkan terganggunya tingkat serotonin sehingga menyebabkan sulit tidur. Kalaupun bisa tidur, maka penenggak alkohol akan sering terbangun dari tidurnya.


    3. Makanan Tinggi Protein
    Makanan tinggi protein seperti daging merah sulit untuk dicerna. Makanan tersebut akan membuat Anda sulit merem karena menghambat produksi serotonin. Alhasil Anda akan terjaga sepanjang malam.


    4. Makanan yang Menghasilkan Gas
    Makanan yang menghasilkan gas akan menjadi masalah bagi mereka yang memiliki sakit maag. Makanan ini akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Nah, agar mendapatkan tidur yang baik maka jauhilah makanan pedas dan makanan yang memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan brokoli.


    5. Makanan Manis
    Makanan yang banyak mengandung gula akan meningkatkan energi sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Maka itu hindari makan makanan manis seperti cake dan cokelat yang bisa menjadi penyebab utama insomnia.


    6. Produk Susu
    Makanan yang mengandung susu tinggi lemak, dadih, keju dan mentega sulit untuk dicerna. Akhirnya makanan itu menyebabkan mulas dan imbasnya Anda sulit tidur.


    7. Makanan Cepat Saji
    Tak diragukan lagi makanan cepat saji alias fast food adalah penyebab insomnia. Sebab makanan tersebut bukan saja tinggi lemak, namun juga pedas. Jika Anda makan makanan cepat saji seperti burger atau tacos sebelum tidur, hampir bisa dipastikan Anda pasti akan terjaga dalam waktu lama.


    8. Air Minum
    Minum air dalam jumlah banyak memang bagus, tapi jangan dilakukan pada saat malam hari menjelang tidur. Sebab kebanyakan minum akan membuat Anda sering buang air kecil, akibatnya kantuk pun hilang.


    9. Makanan Kemasan
    Makanan kemasan atau olahan dikenal sebagai makanan yang sensitif. Jika makanan ini dimakan pada waktu malam hari maka akan menyebabkan mulas lantaran tingginya lemak yang dikandung.

    Untuk menghindari dampak yang tidak di inginkan maka ada baiknya mencoba beberapa tips berikut untuk mengobati insomnia tanpa harus  ada ketergantungan dengan obat.dan berikut ini cara mengatasi insomnia kamu, semoga sukses

    Insomnia, sudah tidur

    1. Gunakan terapi Musik dengan gelombang Beta Brain

    Mendengarkan musik yang dibuat khusus untuk menjadikan otak pada gelombang beta bisa sangat membantu untuk membuat kita cepat tertidur. Bagi para pengguna smartphone berplatform Android, Apple, dan lainya sudah banyak menyediakan aplikasi gratis berupa musik untuk otak (Brain Wave).

    2. Buat tempat tidur anda senyaman mungkin

    Tempat tidur yang nyaman akan memberikan dampak pada pelepasan rasa lelah tubuh untuk bisa lebih rileks. Ketika tubuh sudah rileks maka akan lebih mudah bagi anda untuk tidur. Buatlah tempat tidur anda seolah tempat pelepas lelah, dengan pencahayaan yang redup, selanjutnya lengkapi dengan aroma terapi yang segar.

    3. Latihan Meditasi dan Pernafasan

    Meditasi sudah dikenal dari dulu manfaatnya untuk membuat tubuh menjadi rileks. Imbangi latihan meditasi dengan pernafasan yang halus dan tenang. Saat melakukan meditasi, usahakan anda melupakan semua permasalahan, kembalikan semua beban hidup pada sang pencipta. Fokuskan fikiran anda hanya pada satu titik dalam fikiran anda, serta bayangkan anda berada di sebuah tempat yang paling anda sukai dan yang sangat tenang. Tanpa anda sadari, dalam beberapa menit anda sudah terlelap.

    4. Hindari makan dan minum berlebihan menjelang waktu tidur

    Makan yang berlebihan atau terlalu kenyang menjelang waktu tidur akan membuat perut tidak nyaman dan akhirnya membuat gelisah dan susah tidur. Begitu pula terlalu banyak minum, hal tersebut dapat membuat anda ingin buang air kecil saat sedang mencoba tidur, bisa jadi saat baru tertidur harus terbangun untuk ke kamar kecil.

    5. Hindari beraktifitas di tempat tidur

    Tempat tidur sebaiknya hanya digunakan untuk tidur. Jika  beraktifitas di tempat tidur akan berdampak hilangnya suasanya tempat tidur sebagai tempat peristirahatan. Perasaan tersebut dapat menggangu mindset otak yang biasanya terprogram untuk mengatuk ketika tubuh berada di tempat tidur jadi tidak mengantuk lagi karena kebiasaan beraktifitas di tempat tidur.

    5. Rajin Berolah raga

    Ternyata beberapa penelitian menyebutkan bahwa berolahraga secara teratur dapat memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat mampu membuat anda melawan strees yang menyebabkan susah tidur. Olahraga bagi penderita Insomnia sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

    Demikian beberapa cara mudah untuk mengatasi susah tidur akibat Insomnia. Dengan melakukan tips diatas secara konsisten dan teratur maka dampak yang dirasakan akan semakin maksimal.

    Sumber :
    http://www.metris-community.com/penyebab-insomnia/

    http://www.sahabatsehat.info/2012/11/cara-mengatasi-insomnia.html

    http://forum.kompas.com/food/235633-inilah-makanan-dan-minuman-penyebab-insomnia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar